Apa yang Anda ketahui tentang lisensi aplikasi, sebut saja lisensi Accurate yang sedang Anda pakai saat ini.

Kebanyakan orang tidak pernah membaca EULA (End User License Agreement) ketika meng-install aplikasi atau ketika mendaftar (registrasi) layanan web atau aplikasi internet. Namun yang perlu diketahui, tidak peduli Anda membaca atau tidak, Anda tetap dianggap sudah membaca, memahami, dan menyetujui syarat dan kondisi yang tertera di EULA.

Logikanya sederhana, jika Anda tidak menyetujui syarat dan kondisi yang tertera di EULA, Anda tidak diperbolehkan meneruskan penggunaan aplikasi atau layanan dimaksud.

Melalui artikel edisi sekali ini, kami ingin berbagi pengetahuan dan pemahaman mengenai lisensi software kepada Anda, pengguna Accurate yang budiman.

License Agreement secara sederhana boleh dipahami sebagai sebuah perjanjian / kesepakatan antara pembuat (pengembang) aplikasi dengan pengguna aplikasi. Mari menganalogikan license agreement ini sebagaimana surat perjanjian sewa menyewa. Didalam surat perjanjian sewa menyewa rumah misalnya, biasanya dicantumkan beberapa klausul apa-apa yang diperbolehkan dan apa-apa yang tidak diperbolehkan. Misal, tidak boleh disewakan kembali kepada pihak lain, tidak boleh merubah bentuk asal dan sebagainya.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana format lisensi ACCURATE Accounting Software. Dalam industri software dikenal beberapa jenis lisensi yang secara garis besar dibagi menjadi 3 kelompok besar:

1. Propietary / Commercial Software
Sebagian besar aplikasi desktop yang ada sejak komputer tercipta hingga hari ini adalah aplikasi propietary atau komersial. Artinya pembuat aplikasi mengandalkan pembayaran dari pengguna aplikasi yang dibuat sebagai sumber penghasilannya. Penghasilan tersebut penting agar pembuat software mendapat imbalan yang pantas guna memenuhi kebutuhan operasionalnya dan agar bisa berinvestasi kembali.

ACCURATE mengikuti jenis lisensi ini dengan ketentuan sbb:

  • Setiap perusahaan pengguna ACCURATE perlu registrasi atas nama perusahaan sendiri, tidak bisa digabung atau dipindahtangankan kepada perusahaan lain tanpa kecuali.
  • Lisensi ACCURATE dihitung berdasarkan jumlah komputer client (komputer yang dipakai untuk mengoperasikan ACCURATE).
  • Masa berlaku license AccURATE adalah sekali pembayaran dimuka untuk masa berlaku tidak terbatas; kecuali varian Subscribe Based Edition (SBE).

Aplikasi lain yang mengikuti jenis lisensi ini antara lain OS Microsoft Windows, Microsoft Office dsb.

2. Free Software
Lisensi free software membolehkan pengguna menggunakan aplikasi dimaksud secara cuma-cuma.

Mengapa ada pihak yang mau bersusah payah membuat software gratis tentu saja mempunyai motivasi yang beragam.

Contoh: Kantor Pelayanan Pajak memberikan aplikasi E-filing secara gratis kepada wajib pajak agar bisa mengirimkan laporan pajak secara lebih mudah; sekaligus di sisi lain, petugas pajak tidak perlu meng-input secara manual satu persatu laporan pajak yang masuk.

CPSSoft juga menyediakan aplikasi mobile ACCURATE Dashboard dengan tujuan agar pemilik perusahaan pengguna ACCURATE yang sering bepergian bisa memonitor beberapa indikator vital keuangan melalui smartphone dari mana saja. Aplikasi yang tersedia gratis untuk Blackberry, iPhone, iPad dan Android ini diharapkan bisa memberi nilai tambah dan meningkatkan daya tarik aplikasi ACCURATE Accounting Software.

3. Open Source Software
Jenis lisensi Open Source selalu mengingatkan orang kepada OS Linux. Falsafah dibalik lisensi Open Source adalah gotong royong. Aplikasi yang dilepas mengikuti lisensi jenis ini membolehkan (bahkan mengundang) siapa saja boleh turut membaca, mempelajari, memodifikasi serta turut berpartisipasi mengembangkan aplikasi lebih jauh lagi.

Karena terbuka dan dikembangkan beramai-ramai, tidak boleh ada yang meng-klaim sebagai pemilik aplikasi open source dan memaksa pengguna membayar. Inilah “keindahan” yang selalu didengungkan oleh komunitas pendukung open source.

Bagaimana mereka menghasilkan uang? Penggiat aplikasi open source umumnya menghasilkan uang dari menjual jasa konsultasi, instalasi, pemeliharaan atau menyelenggarakan pelatihan. Perusahaan-perusahaan korporat yang sangat concern terhadap kelangsungan operasional umumnya tidak ragu membayar mahal untuk jasa-jasa diatas walaupun sama sekali tidak perlu membayar untuk aplikasinya.

Penutup:
Lisensi software adalah isu legalitas, bukan isu teknis atau sekedar registered / unregistered.

Pastikan setiap lisensi ACCURATE yang terdapat dalam perusahaan Anda terdaftar atas nama perusahaan Anda dan setiap komputer yang menjalankan ACCURATE memiliki nomor serial dan lisensi yang sah agar hak-hak Anda sebagai pengguna ACCURATE terlindungi secara hukum berdasarkan UU HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Sampaikan komentar atau komentar melalui email sales@cpssoft.com atau twitter @cpssoft

Categories: Info Terbaru

Comments are closed.

Featured Video

Selamat Hari Raya Idul...

Posted on Jul - 15 - 2014

Comments Off

ACCURATE Goes to School

Posted on Jul - 10 - 2014

Comments Off

Hasil Survei Pengguna ACCURATE

Posted on Jul - 4 - 2014

Comments Off

Selamat menjalankan PESTA DEMOKRASI

Posted on Jul - 1 - 2014

Comments Off

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Posted on Jun - 26 - 2014

Comments Off

Kiat menarik pelanggan

Posted on Mar - 24 - 2011

Comments Off

Selamat Hari Raya Idul...

Posted on Oct - 14 - 2013

Comments Off

Pemenang Kuesioner Pengguna ACCURATE

Posted on Jun - 9 - 2014

Comments Off

Powerful Analysis Report

Posted on Mar - 18 - 2013

Comments Off

Business Coaching- It’s Free

Posted on Feb - 7 - 2011

3 Comments

Sponsors